Suka Duka Bekerja Setelah Baru Lulus Sekolah

Kerja pas baru lulus sekolah? Bukan hal baru deh di Indonesia, apalagi buat anak yang milih sekolah di SMK alias Sekolah Menengah Kejuruan. Mereka rata – rata emang pengen kerja setelah lulus sekolah. Tapi kerja setelah baru lulus itu ga buat banyak orang itu seneng lo, jadi masih ada dukanya juga. Yuk mari simak suka duka bekerja setelah baru lulus sekolah berikut ini 😀

1. Pasti ngerasa “sedikit” bangga udah bisa kerja

Managing-Young-Employees-300x207

Bagi sebagian anak sekolah tidak berfikir untuk melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi, seperti perguruan tinggi. Ini bukan cuma terjadi di kalangan pelajar SMK. Karena banyak dari pelajar SMA umum yang ingin langsung bekerja setelah ia dinyatakan lulus dari sekolah. Alasannya beraneka rupa, mulai dari ingin mandiri, ingin membantu kedua orang tua, ingin bebas, bosan belajar sampai mencari pengalaman dulu. Semuanya ga ada yang salah, karena memang tujuan kerja di usia muda memang seperti itu.

Ada kecenderungan mereka yang baru bekerja pada usia yang masih muda memiliki kebanggaan tersendiri di dalam diri mereka. Ya jelas karena mereka bisa melakukan hal yang tidak bisa dilakukan oleh teman sebanyanya, seperti belanja banyak barang dengan uang sendiri dan tentu saja lebih bebas.

2. Ngerasa bebas udah ga dikejar PR sama Ulangan

P1120202

Ini alasan klasik dan udah pasti bener. Mereka yang baru lulus sekolah dan memilih untuk langsung bekerja tentu akan merasa senang, karena udah ga diribetin lagi masalah PR, Ulangan, Ujian Semester dan apapun yang berhubungan dengan sekolah. Mereka akan lebih fokus untuk bekerja, sekalipun mereka tahu bahwa tanggungjawab pekerjaan mereka jauh lebih banyak dari yang selama ini mereka punya.

3. Bahagia banget pas dapet gaji pertama

Optimized-Shopping

Nah ini nih yang ditunggu – tunggu. Sebulan kerja pertama, ngerasa enak karena biasanya karyawan baru masih dalam masa training tapi udah dapet Gaji. Dapet gaji pertama itu bahagianya minta ampun deh. Ada yang bingung mau dibuat beli apa, ada yang langsung ditabung, ada yang dibagi sama orang tua atau orang terdekat, ada juga yang langsung abis dijajanin barang yang selama ini diincer. Ga ada yang salah, sekali lagi karena ini hasil kerja keras dan keringat sendiri. Orang tua juga ga pernah menuntut anaknya ngebagi hasil itu, karena mereka hanya ingin anaknya merasa senang dengan pilihan yang mereka ambil.

Sekalipun kecil, gaji pertama ini biasanya sangat membekas. Gimana enggak, barang yang dibeli pake gaji pertama biasanya dilabeli atau terus diinget, sekalipun cuma sepatu seharga 200ribuan.

4. Tapi waktu main sama temen jadi lebih sedikit

news-graphics-2006-_627785a

Bisa jajan pake uang sendiri, bisa bebas dari PR dan ulangan ga sepenuhnya buat karyawan baru ini senang. Mereka akan merasa waktu untuk main sama temen atau nongkrong bareng temen semakin berkurang. Lebih – lebih pas punya kelompok atau geng yang semuanya udah pada kerja atau kuliah. Otomatis banget deh waktu kumpul jadi jarang banget. Enaknya itu ya pas masih satu kota, kalo beda kota wah siap – siap tisu di kamar buat ngelap air mata pas kangen masa – masa main bareng temen.

5. Apalagi pas merantau, homesick banget pastinya

????????

Ini terjadi biasanya buat anak yang baru lulus dan memutuskan untuk bekerja di kota orang. Merantau memang menjadi pilihan pas baru lulus. Buat yang udah kebiasaan jauh dari orang tua ini pasti bukan hal yang sulit. Tapi gimana sama yang masih apa apa mama apa apa papa? Wah pasti ngerasa homesick banget pas lagi merantau. Nangis bukan lagi hal aneh pas lagi sendiri di dalem kamar kos atau pas ditelpon keluarga yang ngomong kalo mereka lagi kumpul – kumpul.

6. Ada kalanya kamu rindu masa – masa bolos pelajaran

Bukan hanya suasana bareng temen pas main, bareng keluarga pas kumpul, kamu bakal rindu masa – masa nakal di sekolah dulu. Bolos pelajaran dan pergi ke kantin tanpa rasa bersalah, ga ngerjain PR dan dateng pagi banget buat nyontek punya temen, bahkan tidur dan ga ngedengerin guru jelasin pelajaran. Hal sepele tapi pasti bikin kangen banget nih.

7. Tapi seketika lagi itu sirna pas sadar kalau sekarang bisa main lebih malem dari biasanya

Seketika inget masa lalu tapi seketika itu juga jadi seneng lagi pas sadar kalo sekarang bisa punya waktu main lebih lama, alias bisa pulang malem. Ini menjadi kebahagiaan tersendiri buat yang dulunya anak rumahan dan ga dapet ijin dari orang tua buat main sampe malem. Pas merantau gini, main sampe malem bisa jadi hiburan setelah seharian berkutat dengan tugas kantor yang lumayan bikin kepala pening.

8. Enak itu pas kerja dapet tugas atau bagian yang udah bener – bener hobi atau minat kita

Kerja setelah lulus kerja? Ga mudah emang karena selain kita harus cari perusahaan yang baik, kita juga susah dapetin yang sesuai dengan minat kita. Banyak dari siswa yang baru lulus sekolah dan bekerja merasa ga cocok sama kerjaan mereka sekarang. Padahal juga itu yang mereka lamar dulu dan akhirnya dapet. Karena biasanya di awal mereka milih kerjaan, mereka ga banyak berfikir. Buat yang pinter sih gampang ya milih kerjaan, nah buat yang sedang – sedang ini sedikit lebih sulit. Banyak dari mereka asal dapet kerjaan dulu dan akhirnya merasa ga cocok padahal belum lama kerja.

Jelas yang enak itu pas dapet kerjaan yang sesuai dengan apa yang kita inginkan. Sesuai dengan minat dan hobi kita. Misalnya nih kalo suka banget sama kegiatan “ngoding” atau “programmer” bahkan seneng dan antusias kerja banget pas dapet kerjaan di bagian itu. Dan yang lainnya ya kuat kuatin hati aja dulu, sambil nunggu momen yang tepat buat ngelamar kerjaan baru.

9. Sekalipun udah kerja, kita dipaksa lagi untuk mikirin tentang pendidikan selanjutnya

Kerja sih kerja, dapet duit pastinya, tapi ternyata ada lagi yang harus kita pikirin. Bekerja setelah lulus sekolah menengah atas atau kejuruan artinya kita ga bisa atau ga mau langsung ngelanjutin ke jenjang perguruan tinggi. Tapi nyatanya, kerjaan juga kadang menuntut kita untuk lulus sarjana, minimal D3. Ya alasan perusahaan memang benar untuk menentukan jenjang karir kita selanjutnya. Itu artinya kita yang udah ngerasa nyaman dapet duit sendiri bakal balik lagi harus mikirin kapan mau nerusin sekolah alias kuliah. Karena ini harus gimanapun caranya.

10. Waktu, duit dan juga tenaga udah pasti terkuras

Setelah itu terjadi, kerja sambil kuliah juga akan membuat kita membagi pikiran, tenaga, dan uang lebih banyak. Ga sedikit karyawan baru ini memilih untuk menunda kuliah dan mengumpulkan uang dulu baru melanjutkan kuliah. Yang lainnya gigih dan berjuang keras untuk bisa ngejalanin keduanya. Ini pilihan sebenarnya, karena pendidikan memang tidak dapat ditinggalkan, sekalipun bisa ditunda masanya. Buat karyawan dan yang juga berprofesi sebagai pelajar, harus deh pinter – pinter ngatur keuangan, waktu dan juga jaga stamina, biar semuanya bisa berjalan lancar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s