Hal ini yang Hanya Akan Kamu Temui di Indonesia

Kalo kamu ngaku asli dan cinta Indonesia, pasti banyak hal yang kamu yakini cuma ada di Indonesia. Indonesia itu luas men, Indonesia itu kaya dan Indonesia itu rame banget. Makanya saat kamu pengen liburan ke luar negeri yang makan waktu dan biaya mahal, sebaiknya jelajahi Indonesia dulu dan temukan hal – hal menarik yang bakal bikin kamu kangen dan ga mau ninggalin Indonesia saat udah ke luar negeri. Dan…. hal menarik itu seperti:

1. Upacara bendera setiap hari Senin

upacara hari senin

Sudah bukan lagi hal yang aneh buat orang Indonesia, terutama buat anak sekolah dari TK sampe SMA, dari pegawai negeri, sampai beberapa instansi swasta yang akan melakukan upacara bendera secara rutin di hari Senin. Bukan cuma itu, untuk memperingati tanggal kemerdekaan Indonesia, jadi hampir setiap bulan dan tepat tanggal 17 selalu ada upacara bendera.

2. Sabtu – Minggu LIBUR? Ga cukup

Libur selain sabtu minggu

Buat orang Indonesia yang katanya super sibuk, lebih – lebih di kota – kota besar kayak Jakarta, Bandung, Surabaya, dan kota besar lainnya, libur Sabtu Minggu itu ga cukup. Mereka berharap ada hari libur nasional atau cuti bersama di setiap bulannya. Dan itu terjadi, saat pergantian bulan, hal PERTAMA yang bakal diliat dari kalender adalah ada gaknya tanggal merah selain Minggu.

3. Saat kamu makan, ini yang harus selalu ada

kerupuk

“Makan ga kenyang kalo ga pake nasi”. Mana tahan orang Indonesia makan tanpa nasi. Sekalipun cuma sedikit, tapi nasi harus tetap ada. Bahkan disaat kamu makan mie instan atau bakso sekalipun, nasi itu bisa jadi tambahan yang mengenyangkan.

Bukan cuma nasi, kamu pasti bakal ribet atau bingung kalo makan tanpa “KRUPUK”. Itu emang udah harus ada kali ya di sajian menu wajib makanan orang Indonesia setiap harinya. Kalo kamu pergi tamasya ke luar negeri, sekeren apapun itu, seenak apapun makanannya, kamu akan tetep rindu sama yang namanya “KERUPUK”.

4. Di Indonesia, bahan makanan ini yang selalu dicari

sambal

Kalo kamu suka sama pedas dan sambal, terasi bakal jadi bahan masakan yang harus selalu ada di dapur kamu. Gimana enggak, makanan yang terkesan ga enak itu bisa jadi bahan pembuat makanan yang super enak. Dan rempah – rempah kayak jahe, lengkuas, kencur dan kunci itu juga harus ada dalam jajaran bahan makanan di dapur kamu. Bahkan bahan makanan yang berasal dari akar itu sampai buat Belanda menjajah Indonesia selama ratusan tahun lo.

5. Ga afdol rasanya kalo minum kopi ga sampe gini

minum kopi tradisional

Kopi emang udah menjamur di Indonesia, bukan cuma dari biji kopi yang diproduksi mulai dari tanah Minang sampai tanah Toraja. Biji kopi khas Indonesia juga sudah mendunia karena rasanya yang enak dan “nagih”. Cara menikmatinyapun beragam, ada yang minum dari gelas beling, ada yang dari cangkir, ada yang dari mug bahkan ada yang langsung “nyeruput” dari piring kecil tatakan gelas. Hal ini yang unik dari cara minum kopi orang Indonesia, sekalipun di Indonesia sendiri sudah banyak kafe yang menyediakan kopi dengan tampilan khas bangsa Barat.

6. Dan saat naik bis kota atau antar kota ini yang akan kamu temui

pedagang asongan

Di luar negeri, kalau mau pergi sekolah, pergi ke kantor atau ke kota sebelah transportasi bis masih jadi pilihan. Bukan cuma di luar negeri, Indonesia juga masih menggunakan bus sebagai alat transportasi antar tempat atau antar kota. Tapi ini yang unik di Indonesia. Kalau kamu ketemu sama pengamen jalanan dan pedagang asongan yang masuk dan menjual barang dagangan di dalam bus, itu artinya kamu lagi ada di Indonesia. Dan satu lagi, hanya di Indonesia yang punya kernet bus yang kalau manggil penumpang sampe rela mengeluarkan sebagian tubuh mereka dari dalam bus.

7. Indonesia itu emang kreatif, sampe beginian jadi barang mahal

tas limbah plastik

Ga salah kalo banyak turis mancanegara yang datang ke Indonesia dan pulang bawa barang antik dan unik khas Indonesia. Itu karena emang orang Indonesia yang super kreatif sampai limbahpun bisa jadi barang bernilai mahal. Barang yang dianggap udah ga berguna lagi ternyata bisa disulap jadi barang yang laku sampai negeri seberang, kayak tanaman enceng gondong, limbah plastik, limbah botol, kaleng sampai dan masih banyak lagi. Indonesia itu juga dikenal suka mendaur ulang ketimbang beli barang baru dengan fungsi yang sama.

8. Kamu ga akan menemukan hal ini di luar negeri, Amerika sekalipun

abang becak

Tukang becak, tukang ojek dan tukang atau abang – abang lainnya adalah khas Indonesia. Sekalipun memang ada di beberapa negara seperti Cina, dan beberapa negara di Eropa, tapi becak di setiap daerah di Indonesia pasti ada yang membedakan. Mulai dari kayuhan si tukang becak, sampai yang pakai mesin atau motor. Naik becak di Indonesia udah semacam hal yang wajib dilakukan, dan siapapun pasti pernah merasakan sensasi panas, pelan dan sepoi – sepoi angin saat naik becak.

9. Masyarakat Indonesia dikenal ramah, salah satunya karena….

cium tangan

Karena setiap bertemu dengan orang yang lebih tua selalu cium tangan, minim jabat tangan lah. Setelah itu pasti tangan atau telapak tangan sebelah kanan bakal ditempelin di dada. Alasannya apa banyak yang ga tau pasti. Tapi yang jelas orang tua Indonesia banyak mengajarkan anaknya seperti ini. Sampai jadi kebiasaan dan tingkah laku sopan yang Indonesia banget.

10. Saking ramahnya, sampe hal beginian hanya ada di Indonesia

Sungkem. Pernah denger ini ga? Hal yang menjadi tradisi dan ciri khas masyarakat Jawa ini sudah dikenal hampir di seluruh daratan dan perairan Indonesia. Bukan hanya dilakukan saat lebaran atau prosesi pernikahan saja, tapi Sungkem itu hal yang wajib ada, minimal sekali dalam setahun di lingkungan keluarga kita.

11. Dan orang Indonesia itu terbiasa dengan…

a. Mandi 2 kali sehari

page 15

Ga tau kenapa, mandi 2 kali sehari buat orang Indonesia udah jadi hal yang wajib. Sekalipun di luar negeri banyak yang melakukannya, tapi buat orang Indonesia mandi itu wajib sebelum pergi kerja atau sekolah dan setelah pulang kerja.

b. Naik motor di trotoar

trotoar-gatsu

Saking padetnya Indonesia terutama ibukota seperti Jakarta, Surabaya dan kota besar lainnya, udah ga ada namanya kebebasan untuk para pejalan kaki. Trotoar yang disediakan untuk para pejalan kaki malah dipakai untuk menerobos kemacetan terutama sama para pengguna sepeda motor. Antara nekat, ga takut, terburu – buru dan udah biasa jadi alasan mereka merenggut kebebasan para pejalan kaki. Alhasil dari yang aslinya udah macet, jadi makin macet.

c. Ambulance dan kendaraan umum sama saja

Di luar negeri selalu ada jalan atau arena khusus yang bisa digunakan oleh ambulance saat melewati jalanan. Mereka tidak akan menggunakan jalan khusus itu demi kelancaran perjalanan ambulance yang membawa pasien. Tapi di Indonesia, yang namanya ambulance ya hampir sama dengan angkutan umum lainnya. Ga ada kata ngalah, karena semuanya sama – sama kena macet dan ingin cepat sampai di tujuan.

-_-

12. Hanya karena ini orang Indonesia bisa ijin ga masuk kantor atau sekolah

Woman with tissue and hot drink

“Sakit flu atau masuk angin”. Hahaha udah jadi hal yang lumrah saat HRD atau guru di sekolah mendapati laporan bahwa karyawan atau siswa mereka tidak masuk. Alasannya sakit. Memang ada ijin khusus dari perusahaan atau sekolah untuk memberikan waktu istirahat saat karyawan atau siswa mereka sakit. Tapi hanya di Indonesia ada istilah masuk angin dan flu yang sampai membuat mereka ijin ga masuk kantor atau sekolah. Bahkan hanya di Indonesia ada istilah “Kerokan” saat kamu ngerasa masuk angin.

13. Bahkan orang Indonesia itu benar – benar menggilai barang ini

smartphone-pelajar-indonesia

Gadget. Orang Indonesia mana yang ga tau gadget. Hampir semua kalangan sudah tau apa itu handphone, internet dan bahkan sosial media. Dari anak TK sampai oma opa, mereka tahu dan pasti sudah pernah make. Dan hanya di Indonesia, anak SD sudah bisa dan boleh bawa Handphone ke sekolah. Alasannya dari yang supaya mudah dihubungi saat pulang sekolah sampai yang supaya ga gaptek. Alhasil karena hal yang emang belum waktunya, banyak anak SD yang tersandung masalah seperti video penganiayaan, pelecehan seksual dan lain sebagainya.

14. Dan kamu tahu? Hanya di Indonesia setiap orang kepo masalah beginian -_-

gosip-bertiga-thinkstock_081411

“hai apa kabar? Udah punya pacar belum” Ga heran kalo orang Indonesia akrab sama kata – kata Kepo. Banyak orang Indonesia yang pas ketemu temen lama bakal nanya “udah punya pacar belum?”. Ada yang dengan bangga menjawab ada pula yang risih dan malah mengalihkan pembicaraan. Tapi inilah Indonesia, jarak dan waktu membuat semua orang rindu untuk Kepo.

15. Indonesia sangat asing sama barang ini

284520_ilustrasi-tisu-toilet_663_382

Tisu toilet. Indonesia yang sudah terbiasa mandi dan buang air dengan toilet jongkok, makanya orang Indonesia sangat asing dengan tisu toilet. Bisa dipastikan hanya sepersekian persen saja yang tahu dan menggunakan tisu toilet sebagaimana mestinya. Karena bisa dibilang ini budaya barat yang masuk secara perlahan ke Indonesia.

16. Tapi hanya Indonesia yang menjadikan tempat ini menjadi sangat berguna

0904455IMG-22082013-144232780x390

Tidak ada yang sekreatif dan seunik Indonesia. Bahkan saking uniknya, pagar di depan rumah bisa menjadi sangat berguna. Bukan cuma sebagai pembatas dan pelindung, tapi juga bisa dimultifungsikan, seperti menjadi tempat jemuran baik baju, karpet maupun kasur. Dan hanya orang Indonesia yang bisa dan mau mandi di sungai sekalipun sungai dalam keadaan tidak baik. Sungguh unik.

17. Dan orang Indonesia itu terkenal banget sama tradisi ini

download

Indonesia yang kaya akan ragam budaya dan adat istiadat bisa dipastikan juga kaya akan tradisi. Bisa dibilang antara 1 daerah dengan daerah yang lain memiliki tradisi yang berbeda – beda. Hanya ada beberapa hal yang memiliki kesamaan, seperti perayaan 17 Agustus, perayaan hari raya besar Agama dan lain sebagainya. Acara seperti lomba panjat pinang, gebuk bantal, sampai menghias kampung hanya ada di Indonesia.

18. Perayaan besar ini Indonesia banget

ngaben2

Pernah mendengar acara NGABEN? Buat Ngaben sendiri diadakan di pulau dewata sana. Acara yang dikhususkan untuk persembahan bagi seseorang yang baru saja meninggal dunia ini memang harus dilakukan. Terlebih buat mereka yang berasal dari keluarga berada. Biasanya acara ini akan menghabiskan modal yang tidak sedikit. Karena mereka harus menyiapkan berbagai macam keperluan, seperti patung sampai sesajennya. Itu sebabnya acara Ngaben juga digadang – gadang menjadi acara kematian yang mahal.

19. Dan ini musik yang menjamur di Indonesia

rhoma-irama-557

Tahu dangdut? meskipun banyak yang bilang kalau dangdut itu akarnya dari musik di India sana, tapi di Indonesia, dangdut udah jadi obat dan nasi buat masyarakat. Artinya hampir setiap hari tanpa disadari kamu akan dengerin, ngeliat tayangan musik, dan bahkan nyanyi dangdut. Sekalipun kamu ngaku suka musik rock, korean holic dan bahkan pengagum berat AKB48, kamu pasti pernah mendendangkan lagu dangdut. Ngaku deh… 😀

20. Dan Indonesia menjadi sangat dirindukan karena ini…

download

Ada banyak yang akan kamu rindukan ketika kamu meninggalkan dan bahkan memutuskan untuk menetap di luar negeri. Mulai dari makanan, orang yang kamu temui di jalan, rumah di kampung – kampung, anak – anak kecil yang main di sungai segede ciliwung, bahkan kamu akan rindu dengan bahasa Indonesia. Indonesia itu kaya banget lo. Ada baiknya kamu jelajahi dulu isi dari Indonesia, sebelum kamu memutuskan untuk cari tahu tentang keindahan negeri orang. 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s