Persiapkan Tahun Barumu dengan 10 Hal Ini

Tahun 2014 sudah hampir usai. Meninggalkan tahun yang lama dan memulai untuk menyambut tahun yang baru akan membuat kita harus bekerja keras mempersiapkan segala perubahan yang akan terjadi. Perubahan bukan hanya pada diri kita sebagai manusia, tapi juga pada lingkungan, pekerjaan dan kehidupan masyarakat lainnya. Sudah pasti ada banyak rencana dan target yang akan dicapai di tahun yang baru. Pencapaian yang diperoleh sebelumnya akan menjadi pemacu semangat untuk lebih meningkatkan pencapaian di tahun yang baru. Nah tapi apa saja sih yang harus kita persiapkan untuk menyambut tahun yang baru nanti?

1. Koreksi apa saja pekerjaan yang belum selesai

Tahun baru selalu identik dengan liburan. Apalagi tahun baru 2015 ini terjadi pada hari Kamis, dan bertepatan dengan waktu libur sekolah. Sudah bisa dipastikan, banyak karyawan atau pekerja yang mengambil cuti selama kurang lebih 4 hari kedepan. Nah, jika tidak ingin terganggu dengan urusan pekerjaan selama berlibur, jangan lupa untuk mengecek pekerjaan terlebih dahulu. Segera catat apa saja yang harus diselesaikan sebelum akhir tahun dan segera kerjakan setiap tugas yang menjadi tanggungan. Jangan sampai meninggalkan pekerjaan hanya karena tidak sabar untuk berlibur. Bukan hanya pekerjaan yang akan semakin menumpuk, tapi bisa dijamin liburan tidak akan tenang. Tentu tidak mau kan hal ini terjadi?

2. Membuat daftar rencana apa saja yang ingin dilakukan di akhir tahun

Kalau pekerjaan sudah selesai bolehlah kita melakukan hal yang kita inginkan selama pergantian tahun nanti. Tapi sebelumnya catat setiap daftar rencana yang akan dilakukan di akhir tahun dan awal tahun yang baru. Seperti merayakan bersama teman atau keluarga, mengunjungi tempat wisata di tahun baru atau mulai membersihkan area sekitar rumah kita saat tahun baru nanti. Saat semua rencana dituliskan, akan dengan mudah kita menyeleksi dan melaksanakannya. Jangan buat semuanya serba mendadak, bukan hanya membuat tidak nyaman, tapi juga membuat kita tidak bisa menikmati liburan dengan nyaman.

3. Tulis semua hal yang ingin di lakukan di awal tahun

Awal tahun adalah awal dimana kita akan memulai mengerjakan sesuatu yang baru. Mulai untuk mengerjakan setiap rencana yang sudah dibuat sebelumnya. Dan membuat banyak pencapaian baru. Nah, sekalipun euforia perayaan tahun baru sangat kita nikmati, tapi kita tidak boleh begitu saja terlena. Karena kita juga harus siap melakukan hal pertama di tahun yang baru. Tentukan hal pertama apa yang ingin dilakukan selama tahun baru nanti. Buat daftar yang mudah untuk dilakukan. Memulai tahun baru tidak selalu dengan hal besar yang kita impikan. Rencanakan hal sederhana dan lakukan dengan mudah.

4. Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada setiap orang yang sudah membantumu selama 1 tahun

Apa yang kamu dapatkan dan kamu capai di tahun 2014 ini tidak lepas dari peran serta orang – orang disekitarmu. Mereka sedikit banyak tentu membantumu. Bukan tenaga atau finansial, tapi ide, masukan dan bahkan semangat yang mereka berikan. Jangan lupa sebelum mulai masuk ke tahun yang baru, berikan ucapan terima kasih kepada orang – orang di sekitarmu. Jangan cari mereka yang hanya berjasa karena kamu mengingatnya. Tapi semua orang yang ada di sekitarmu juga berjasa memberikan semangat dan dukungannya.

5. Ucapkan syukur dan puji dirimu yang telah berhasil mencapai mimpi di tahun ini

Bukan hanya orang – orang di sekitarmu yang memberikan manfaat lebih kepada apa yang sudah kamu capai. Tapi jangan lupa ada tangan dingin Tuhan di dalamnya. Ucapkan syukur kepada apa yang sudah kamu dapatkan saat ini. Jangan sombong dan jangan ragu untuk bersyukur. Selain itu kita juga harus bisa memuji diri kita sendiri. Apa untungnya? Pencapaian yang kamu dapat saat ini adalah kombinasi komplit dari Tuhan, kamu dan lingkunganmu. Selain bersyukur kepada Tuhan, memberi ucapan terima kasih, kita juga harus mau untuk memuji diri kita sendiri.

6. Jangan lupa untuk menghapus apapun yang menjadi beban hati dan fikiran di tahun ini

Memulai sesuatu yang baru adalah bagaimana kita meninggalkan dan melepaskan segala beban lama tanpa menghapus pelajaran yang didapatkan selama ini. Sebagi seorang manusia kita pasti akan memiliki beban hati ataupun fikiran. Selama 12 bulan pasti ada banyak hal yang membebani kita, membuat kita jatuh dan bangun menitih karir atau menjalani pendidikan. Tapi apa yang harus kita lakukan di tahun yang akan datang? Menghapus segala yang menjadi beban hati dan fikiran selama 1 tahun ke belakang. Segera selesaikan hal yang belum selesai. Jangan tunda untuk memebereskan segala sesuatunya. Itu akan membuat kita memiliki beban yang lebih banyak lagi.

7. Kunjungi tempat dimana kamu merasa bahagia di tahun ini untuk sekedar menjadi semangat di tahun yang baru

Kalau boleh di bilang ini nostalgia. Selama 1 tahun ini pasti kita akan pergi dan mengunjungi 1 tempat baru atau lama. Kita pasti memiliki cerita di balik perjalanan yang kita tempuh. Nah, tidak ada salahnya kita mencoba untuk mengunjungi beberapa tempat yang membuat kita bahagia selama tahun 2014 lalu. Tujuannya sederhana, sekedar untuk memberikan semangat di tahun yang baru. Apa yang menyenangkan hati kita, tentu akana kita ulang.

8. Lapangkan hati untuk memaafkan kesalahan orang yang sudah menyakiti kamu

Selain mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah berjasa kepada pencapaian kita di tahun ini. Jangan lupa untuk memaafkan kesalaha orang lain, baik yang menyinggung perasaan kita, menyakiti hati kita bahkan membuat kita sedih atau marah. Lapangkan hati untuk membuka diri memaafkan orang lain. Jangan terlalu lama menyimpan rasa sakit hati terlebih dendam. Tahun baru adalah saat dimana kita memiliki hati yang baru, agar semua bisa dicapai dengan mudah.

9. Selesaikan segala macam hutang pekerjaan, tugas kuliah/sekolah dan tugas – tugas lainnya

Tanggungan – tanggungan harus selesai sebelum tahun ini berakhir. Tekadkan diri kamu untuk menyelesaikan segala pekerjaan, tugas sekolah atau yang lainnya selama ini. Jangan bawa pekerjaan yg harusnya selesia di tahun ini ke tahun selanjutnya. Itu akan membuat kita sulit “Move On”.

10. Benar – benar persiapkan diri kamu untuk menyambut tahun yang baru

Yang paling penting dari banyak cara kita menyambut tahun yang baru adalah mempersiapkan diri kita sendiri untuk menyambut tahun yang baru ini. Ketika kita tidak mau untuk membuka diri menyambut tahun yang baru, sekeras apapun itu tentu akan menjadi sulit. Tanyakan pada diri sendiri, sudah siapkah kita untuk menyambut tahun yang baru? Siapkan kita untuk mencapai sesuatu di tahun yang baru? Dan siapkah kita untuk berubah menjadi lebih baik di tahun yang baru? Jawab pertanyaan ini untuk diri kamu sendiri. Resapi dan pahami setiap maksud dari pertanyaan dan jawaban kamu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s