10 Langkah Hilangkah Stress dalam Sekejap

Siapa yang bisa menyangkal bahwa sebahagia apapun seseorang, mereka hanya terlihat baik-baik saja dari luarnya, dan menyimpan banyak kejenuhan di dalam dirinya. Pelajar, mahasiswa ataupun karyawan tidak sedikit dari mereka yang mampu hidup tanpa mencari pelarian atas kebosanan mereka berkegiatan. Sekalipun hanya pergi jalan-jalan ke tempat yang tidak diketahui sebelumnya, rasa jenuh harus segera dimusnahkan. Bayangkan saja, jika kita terus menyimpan kejenuhan, bisa jadi kita adalah salah satu penghuni sebuah rumah sakit. hehehe ini nih cara yang bisa kamu coba untuk menghilangkan stres atas pekerjaan atau kegiatan kamu sehari-hari:

1. Pergi keluar rumah

Bosan pasti meliputi kita yang terus menerus fokus pada pekerjaan ataupun pelajaran tanpa henti. Mengusiknya dengan hanya berkata “Ayo semangat” saja sepertinya tidaklah cukup. Keluarlah dari tempatmu sekarang. Pergilah cari udara segar. Kamu gak harus pergi ke pegunungan atupun ke tepi pantai untuk merasakan desir angin dan debur ombak. Kamu cukup saja pergi keluar dari rumah atau kantor, satu jam saja. Gunakan waktu untuk melihat apapun yang membuat kebosananmu menghilang. Tapi ingat, jangan sampai situasi ini membuatmu terlalu nyaman dan justru melupakan kewajiban menyelesaikan pekerjaanmu.

2. Memasak

Ini tidak berlaku hanya bagi wanita. Kamu yang suka memasak, juga bisa menjadikan ini sebagai penghilang stres kala dikejar deadline menulis ataupun project dari perusahaan. Masak apa saja yang kamu sukai dan membuat kamu penasaran ingin mencobanya. Dengan begitu semangat dan ketertarikan kamu akan sesuatu akan kembali muncul. Dan ketika ini sudah selesai, semangat menyelesaikan pekerjaan akan kembali kamu miliki.

3. Membaca

Bagi kamu yang suka dengan dunia literatur, kamu pasti tahu cara ini adalah yang paling ampuh dalam menghilangkan jenuh. Membaca memang membawa ketenangan sekaligus ilmu baru untuk kita. Tak ada yang melarang kita untuk membaca di saat apapun. Lakukan saja. Bacalah apa saja. Tak harus materi pelajaran atau produk yang akan kamu jual nantinya. Cukup baca novel, koran ataupun majalah saja. Santai namun tetap berbobot.

4. Menulis

Saat kamu suka membaca, kamu pasti memiliki keinginan untuk menjadi salah satu penulisnya. Menulis juga menjadi salah satu obat penghilang kejenuhan. Kamu bukan hanya harus menulis seprofesional Dee Lestari, atau serajin mereka yang dikejar deadline sebuah novel. Kamu bisa menulis apa saja yang kamu mau. Puisi, cerpen bahkan curahan hati kamu. Ini sangat ampuh untuk kamu yang sangat sulit mengungkapkan perasaan melalui kata-kata. Menulis bisa menjadi solusi bagi kamu untuk menyampaikan pesan dan maksud obrolan kamu.

5. Shopping

Kalau kamu wanita, cara ini bisa jadi cara yang paling ampuh untuk menghilangkah kejenuhan atau rasa bosan saat bekerja. Pergi ke mall ataupun pasar tradisional untuk berbelanja adalah cara untuk sekejap mengalihkan rasa bosan yang kamu rasakan. Berbelanja tidak jarang membuat gairah kita kembali meningkat. Hingga shopping menjadi kebiasaan saat diri mulai merasa jenuh dan bosan dengan sesuatu yang sedang dikerjakan. Tapi sebagai seorang wanita, kita harus pintar mengatur dan mengelola keuangan yang kita miliki. Jika tidak, bisa-bisa kita stres karena kehabisan uang. hehe

6. Menyanyi

Biasanya jika ada orang yang tiba-tiba menyanyi atau mereka bernyanyi cukup keras, ada sesuatu yang sedang ia coba alihkan. Entah rasa sedih, senang, bosan atau lainnya. Ya, biasanya setiap dari kita merasa bosan dan jenuh, kita akan mendengarkan lagu favorit kita dan akhirnya bernyanyi sekeras-kerasnya. Hehe kita boleh saja melakukan ini, tapi ingat jangan sampai menggangu orang yang ada di sekitar kita. Menyanyilah, apapun lagunya, saat kamu merasa bosan, lakukan saja apa yang kamu sukai.

7. Berolahraga

Olahraga juga bisa jadi pilihan untuk menghilangkan rasa jenuh dan bosan di kantor. Carilah waktu untuk sekedar pergi berenang atau pergi ke tempat fitnes. Jika memang dirasa tidak memiliki waktu sebanyak itu, gunakan 1-2 jam waktu di pagi hari untuk pergi jogging sebelum berangkat ke kantor. Olahraga bukan hanya bisa membantu menghilangkan stres, tapi juga membantu menjaga kesehatan kita di saat sibuk bekerja.

8. Bercerita kepada teman

Tidak ada orang yang mampu memendam setiap masalahnya sendiri. Salah satu untuk mengatasi kejenuhan dan rasa bosan adalah dengan bercengkrama dengan teman atau orang terkasih. Biarkan mereka mendengarkan ceriamu dan memberimu solusi. Terlepas dari apakah kamu menggunakan atau tidak saran mereka, bercerita kepada teman akan membuat kamu sedikit lebih lega.

9. Minum secangkir kopi

Kopi memiliki kandungan yang membuat setiap penikmatnya menjadi lebih tenang dan nyaman. Jika kamu merasa bosan atau jenuh, cobalah untuk menikmati secangkir kopi hangat. Kopi apapun itu. Ini juga tidak terbatas untuk kaun adam saja, karena ada juga kaum hawa yang doyan atau memfavoritkan kopi. Termasuk saya. hehe

10. Menciptakan hiburan sendiri

Jika sulit menemukan hiburan di luar rumah. Coba ciptakan hiburan kamu sendiri. Kamu bisa melakukan hobi yang kamu miliki. Kamu juga bisa melakukan hal yang tak pernah kamu lakukan sebelumnya. Hanya butuh keberanian untuk mau menciptakan hiburan dan mengeluarkan diri sendiri dari zona dan situasi nyaman yang membosankan.

Nah, kalau kamu pakai cara yang mana biasanya?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s