Era Millenial Bukan Tempat Menjadi Individu Egois, Kolaborasi Jadi Tempatmu Lebih Kreatif

Banyak jalan untuk menunjukkan bahwa setiap diri kita adalah manusia yang kreatif. Berbagai fasilitas sudah tersedia, membuat siapapun yang kini mengenal smartphone bisa menunjukkan kreativitas mereka. Bermula dari sosial media seperti Facebook hingga Instagram. Sampai membagikan cerita melalui postingan kreatif dengan format video seperti snapchat, Instagram hingga Youtube.

95% dari 63 juta pengguna internet di Indonesia adalah pengguna sosial media aktif. Selain karena memang menjadi generasi Y dan Z, mereka adalah kaum muda yang sangat ingin diakui kreatif oleh lingkungan sekitar mereka. Itu sebabnya sosial media menjadi tempat dimana kau muda di era millenial ini sangat aktif berjejaring sosial.

Tapi pada kenyataannya terkadang malah bikin miris. Berjejaring sosial, meski dalam arti kata mereka berkumpul di dunia online untuk semakin merekatkan hubungan, tapi malah menjauhkan mereka dan membuat semakin individualis. Coba saja perhatikan, mereka akan sibuk update status, membuat video story dan bahkan sibuk membalas pesan online meski sedang bersama di dalam sebuah jamuan yang sudah lama mereka janjikan.

Pertengahan tahun 2016 yang lalu, pengguna smartphone di Indonesia meningkat hingga 3,8%. Dari tahun ke tahun pertumbuhan ini pun akan semakin meningkat. Ini menandakan bahwa aktivitas online para kaum millenial akan semakin meningkat. Lalu apakah aktivitas mereka mampu menyalurkan kreativitas menjadi lebih baik?

Sudah seharusnya itu terjadi, karena era millenial bukan tempat dimana individu menjadi lebih egois dan mementingkan kebutuhan mereka sendiri, tapi inilah saatnya teknologi menjadi tempat dimana mereka bisa berkolaborasi.

Startup digital menjadi salah satu bukti nyatanya. Ribuan anak di Indonesia sudah membuktikan bahwa teknologi bukan sekedar tempat kita bisa menampilkan kemampuan kreatif kita dan menjadi lebih individual. Mereka yang ikut bergabung di dalam satu gerakan nasional 1000 startup digital, adalah kaum muda di era millenial yang mau berkolaborasi membangun Indonesia melalui dunia digital.

Bukan sekedar itu, mereka yang tidak menemukan dimana letak kolaborasi saat hanya memainkan smartphone ketika berkumpul di cafe, bisa jadi generasi ini membutuhkan sebuah co working space, seperti ngalup.co, sebuah co working space yang memang diciptakan untuk anak muda yang bukan hanya sekedar ingin pamer kreativitas, tapi juga ingin berkolabroasi untuk mewujudkan ide kreatif menjadi bukti nyata bagi Indonesia.

Nah, jika sudah begini, sudah dipastikan tidak ada alasan lagi bagi kita yang aktif menggunakan sosial media hanya sekedar ingin terlihat “eksis”. Karena kemajuan teknologi dan fasilitas lain yang mendukung kolaborasi sudah tersedia. Jangan menjadi kaum yang semakin individual, tapi berkolaborasilah dengan semua fasilitas yang sudah tersedia untuk membuat Indonesia menjadi lebih baik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s