Sederhana saja: Setiap Orang Ingin Bermanfaat

Menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesama adalah salah satu tujuan yang hakiki dimiliki oleh semua orang. Tidak ada manusia yang tidak memiliki niatan sekalipun untuk membantu atau bahkan menolong sesamanya. Yap, karena inilah salah satu perasaan paling indah yang dimiliki manusia selain perasaan cinta. Ceileee bicara cinta…..

Oke back to reality *apasih, tahun 2017 udah mulai jalan seminggu. Udah mulai banyak yang dipikirin akan apa 358 hari kedepan. Sekarang mikirnya bukan apa yang akan dihasilkan, bukan juga apa yang akan dicari. Tapi lebih dari itu, apa yang akan kita berikan untuk orang lain.

Kadang saat kita sudah melakukan sesuatu yang sudah membantu orang lain, kita masih saja merasa bahwa kita belum melakukan apapun. Ya, ada kalanya rasa tidak puas di dalam diri manusia ini membuat kita termotivasi untuk melakukan dan memberikan yang lebih kepada orang lain. Tapi tetap saja, rasa tidak puas ini tidak boleh berlebihan tentunya. Karena bersyukur sudah bisa melakukan sesuatu sudah lebih dari segalanya.

Nah, 2016 kemarin, mungkin lebih banyak mencoba hal baru, melakukan banyak hal baru, mendapatkan teman, saudara dan mencoba membuka hati untuk orang yang baru. Tidak ada yang gagal, semua proses dijalani dengan sangat baik.

Saya sering merasa gagal melakukan sesuatu, saya seringkali mengingat dan mengoreksi apa yang membuat semua itu serasa gagal dan tidak menghasilkan apapun. Tapi saya kembali berpikir, inilah proses yang saya jalani untuk bisa mendapatkan sesuatu yang baik suatu saat nanti. Kata orang, tidak ada kesuksesan yang bisa kamu gapai dalam waktu semalam. Tidak ada teman yang bisa seakrab itu hanya dalam 1 obrolan saja. Dan begitupun hati. Tidak ada yang bisa mengubahnya menjadi cinta hanya karena pandangan pertama.

Saat saya berpikir seperti itu, saya kembali bersyukur bahwa saya sudah melakukan sesuatu untuk orang lain. Meski tidak sebesar dan tidak terlihat. Saya hanya mampu memberikan banyak tenaga saya dalam diam yang saya miliki. Saya kurang suka memperlihatkan itu. Saya senang membantu orang tanpa memperlihatkan. Karena pada hakikatnya, saat tangan kanan memberi, maka tangan kiri tidak boleh ikut campur melihat. Hehe

Tidak banyak resolusi yang saya tuliskan untuk tahun ini. Saya hanya ingin menjadi manusia yang lebih berguna, lebih dibutuhkan dan lebih banyak dicari orang lain. Bagi saya setiap resolusi hanya akan menjadi bayangan dan tulisan saja saat tidak dilakukan dengan aksi nyata.

Tapi bukan berarti saya tidak memiliki target hidup dan impian di tahun ini. Saya memiliki banyak mimpi. Berkenalan dan menjalin hubungan baik dengan orang baru, melakukan banyak hal baru yang belum pernah saya lakukan, berlibur dan mengunjungi tempat baru yang belum pernah saya kunjungi, dan tentu saja membuka hati saya untuk dia yang sudah saya nantikan. Hehe karena urusan hati menjadi salah satu penyemangat saya.

Yap, semua orang pasti tidak ingin gagal apalagi untuk kesekian kalinya. Setidaknya mereka yang sudah berusaha sangat keras harus juga menanti kapan hasil dari usaha mereka dapat terlihat. Tidak saat itu tentunya. Ini bukan waktu sebentar seperti kamu menyedu kopi di malam hari. Kamu memiliki banyak waktu untuk berdoa agar apa yang sudah kamu lakukan, agar apa yang sudah membuatmu lelah dan agar apa yang sudah membuatmu sempat meneteskan air mata terbayar dengan sangat indah.

Karena saya pun yakin, usaha tidak akan mengkhianati hasil yang akan saya dapatkan nanti.

Tinggalkan Balasan

